Tips Dan Cara Meningkatkan Berat Badan Seorang Anak Terlalu Kecil

Banyak orang tua khawatir ketika mereka melihat bahwa anak itu terlalu kurus, terutama jika kedua orang tua memiliki tubuh yang subur. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi tubuh si anak yang terlalu kurus atau terlalu gemuk. Seperti genetika dan nafsu makan anak.

Stephen R. Daniels, profesor pediatri di Rumah Sakit Anak Cincinnati, mengatakan: “Ingat bahwa berat badan anak Anda sangat dinamis dan dapat berubah seiring pertumbuhan.”

Anda hanya bisa khawatir jika anak Anda tumbuh, tetapi beratnya tidak bertambah. Ini juga mungkin disebabkan oleh nafsu makan yang buruk terhadap anak-anak, tetapi orang tua tidak boleh memaksa anak-anak untuk makan lebih banyak daripada yang dapat diberikan oleh anak.

Sebelum memutuskan untuk memberikan suplemen peninggi badan anak Anda, pastikan anak Anda berada pada skala usia mereka. Konsultasikan dengan bidan atau dokter anak untuk menghitung indeks massa tubuh anak untuk melihat apakah berat badan Anda seimbang atau terlalu kurus.

Jika sudah ditentukan dengan pasti bahwa si anak terlalu kurus, Anda bisa mulai melakukan program nutrisi untuk menambah berat badan Anda. Berikut beberapa kiat yang bisa Anda lakukan.

Makan secara konsisten Suatu rencana gizi yang teratur dapat mencapai berat badan anak yang sehat. Jangan biarkan anak-anak melewatkan makan karena mereka kehilangan nutrisi penting.

Buat porsi yang lebih besar. Jika anak dapat menghabiskan lebih dari satu porsi, berikan dia makanan tambahan. Susu dalam gelas yang lebih besar dan buah yang lebih besar.

Pilih makanan dengan kalori lebih tinggi. Anda bisa mengetahuinya dengan membaca label nutrisi yang memberi anak makanan dengan lebih banyak kalori yang akan mempercepat penambahan berat badan.

Jus buah dan susu rendah lemak. Ketika seorang anak haus, tawarkan minuman yang mengandung kalori seperti jus dan susu. Dibandingkan dengan air putih normal, lebih efektif untuk menambah berat badan.

Tambahkan kacang, selai kacang, alpukat, dan minyak zaitun ke dalam menu. Jenis makanan ini memiliki tingkat lemak sehat yang tinggi dan dapat meningkatkan berat badan anak. Segera kuat untuk mencegah peradangan.

Ingat bahwa mengangkat berat badan anak tidak dapat dilakukan dalam waktu singkat. Ini harus bertahap, Anda juga harus memperhatikan hal-hal penting berikut ini.

Jangan paksa anak-anak makan. Tanggung jawab orang tua adalah menyediakan berbagai makanan bergizi dan membuat makanan lebih menyenangkan.

Anak-anak memiliki perut yang kecil. Mereka hanya dapat makan sedikit demi sedikit, tetapi mereka makan lebih sering. Karena itu, gunakan kebiasaan menggigit anak untuk menambah nutrisi. Dibandingkan dengan makanan ringan, lebih baik memiliki makanan sehat seperti buah-buahan, roti gandum atau makanan ringan lain yang lebih sehat dan dapat memberikan nutrisi ke tubuh anak.

Ketika anak-anak sibuk dengan makanan, buat makanan semenarik mungkin. Anda dapat membuat karakter kartun dengan wajah nasi goreng atau sandwich dengan bentuk binatang favorit Anda. Kreasi makanan unik dapat merangsang pikiran anak untuk makan.

Bawa anak Anda dengan makanan dan memasak. Dengan cara ini, anak akan lebih cemas untuk memakan makanannya karena ia terlibat dalam pemilihan makanan dan proses memasak.

Jangan berebut makanan dengan anak-anak. Anda ingin anak Anda makan dengan kombinasi gizi seimbang, tetapi anak itu hanya menginginkan jenis makanan. Tidak seperti berdiskusi, lebih baik menawarkan makanan sehat yang disukai anak-anak dan bisa makan kapan saja.

Sementara anak makan dengan antusias dan tumbuh bahagia. Anda tidak perlu khawatir, bahkan jika Anda terlihat sangat kurus, bagaimanapun, ini memberikan asupan makanan yang seimbang. Ketika pertumbuhan meningkat, berat badan anak akan meningkat. Karena itu, jangan memaksakan anak untuk makan berlebihan, karena justru bisa menyebabkan masalah kesehatan.

Itu bisa berguna.