Mengalami Ketombe Membandel? Ini Yang Perlu Kamu Ketahui

Duh, sisik putih dari kepala alias sisik, jangan berhenti jatuh di pundak Anda. Terutama jika mereka tidak sengaja mengenakan pakaian gelap, tentu saja, timbangan yang lebih ringan. Ada yang mengatakan bahwa ketombe muncul karena malas mencuci rambut seseorang atau menular dari orang lain. Tapi apa penyebab ketombe sejati dan bagaimana Anda mengatasinya?

Ketombe disebabkan oleh serpihan sel kulit mati di kepala yang jatuh di pundak atau permukaan lain seperti meja. Munculnya ketombe sering disertai dengan rasa gatal, sehingga Anda ingin menggaruk kepala.

Kondisi yang berbeda menyebabkan ketombe

Setiap orang bisa mengalami ketombe. Tetapi kondisi ini paling sering dialami oleh orang dewasa muda, terutama mereka yang memiliki rambut berminyak dan kulit kepala. Sebaliknya, kulit kepala terlalu kering juga bisa menyebabkan ketombe. Selain itu, sampo yang Anda gunakan sebenarnya bisa menjadi penyebab atau memperparah munculnya ketombe.

Jika Anda tiba-tiba merasa malu, jangan menyalahkan teman atau keluarga Anda karena menginfeksi Anda dengan ketombe. Ketombe tidak bisa menular, kok. Anda tidak akan memiliki ketombe, dan Anda tidak bisa memberi ketombe kepada orang lain. Oleh karena itu, sel-sel kulit alami dan jamur hadir di kulit kepala. Ketombe bisa lebih parah jika meningkatkan pertumbuhan jamur (Malassezia) di kulit kepala.

Perlu diingat bahwa Anda sering mengalami kerontokan rambut dan ketombe pada saat yang sama, tetapi sebenarnya ketombe tidak akan menyebabkan rambut Anda rontok.

Apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi ketombe?
Sebelum ketombe semakin memburuk, Anda bisa mengatasinya dengan cara ini.

Cuci rambut dengan sampo yang cocok

Pilih sampo dengan konten lembut untuk mengurangi kadar minyak dan akumulasi sel kulit mati. Anda mungkin perlu mencoba beberapa shampoo yang berbeda untuk mengetahui mana yang tepat. Berhenti menggunakan sampo yang menyengat, memerah atau membakar kulit kepala. Segera hubungi dokter jika Anda memiliki reaksi alergi, seperti: Ruam yang memerah atau bahkan sesak napas.

Berikut ini adalah beberapa bahan yang biasanya termasuk dalam sampo anti ketombe:

Seng pyrithione mengurangi bakteri dan jamur di kulit kepala dan menyebabkan ketombe.
Asam salisilat membantu mengurangi kulit batang kulit kepala. Tapi bahan ini bisa menyebabkan kulit kepala kering, sehingga ketombe bisa semakin banyak.
Selenium sulfida membantu mengurangi kematian sel-sel kulit kepala dan mengurangi pertumbuhan jamur pada jamur.
Berurusan dengan stres

Manajemen stres yang baik dapat membantu mengurangi ketombe. Stres dapat mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan dan menyebabkan ketombe pada kulit kepala.

Biarkan rambut terkena paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari dapat bermanfaat bagi kulit kepala. Anda dapat melakukan aktivitas luar ruangan untuk sementara waktu, tetapi Anda harus menghindari berjemur.

Ketombe biasanya ringan. Namun, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter jika ketombe disertai dengan kulit kepala yang kemerahan atau berminyak yang ditutupi dengan sisik putih atau kuning. Kondisi ini disebut dermatitis seboroik, yang juga dapat terjadi di bagian lain tubuh, seperti itu. B. pada sisi hidung, belakang telinga, alis, sternum, ketiak dan selangkangan.

Sekarang, setelah menyadari penyebabnya dan bagaimana penyebabnya, diharapkan ketombe berhenti datang dan Anda lebih percaya diri. Tetapi jika ketombe tidak hilang atau Anda merasa lebih kesal, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, ya.