Manfaat Tomat yang tak Terduga Bagi Kesehatan

Apakah kamu suka tomat? Atau mungkin produk yang diproses dengan tomat? Jika jawaban Anda adalah ya, Anda harus tetap seperti itu. Diyakini bahwa makanan yang terlihat seperti bilik jantung memiliki banyak konten yang memiliki efek positif pada kesehatan mereka. Keingintahuan? Berikut beberapa manfaat tomat untuk kesehatan Anda.

Manfaat tomat untuk kesehatan

Keadaan tomat sebagai buah atau sayuran masih merupakan bencana dan jawaban yang Anda dapatkan akan bervariasi tergantung pada siapa Anda bertanya. Seperti dilansir National Geographic, dengan mempertimbangkan keberadaannya dalam undang-undang pajak, biaya produk impor, tomat termasuk dalam jenis sayuran. Namun, tergantung bagaimana tomat tumbuh, Anda dapat mengharapkan jawaban yang berbeda jika Anda bertanya kepada ilmuwan tanaman.

Tetapi, tentu saja, negara tidak mempengaruhi manfaat kesehatan dari tomat.

1. kesehatan jantung
Bukan hanya bentuknya yang menyerupai hati, tetapi juga kandungan tomat bisa menjaga kesehatan jantung. Beberapa bahan dalam tomat dan dianggap memiliki dampak positif pada kesehatan jantung, termasuk:

Likopen Berdasarkan tinjauan beberapa penelitian yang diterbitkan dalam Kimia Obat Saat Ini, ada hubungan positif antara lycopene dan kesehatan jantung. Dipercaya bahwa sifat-sifat likopen melawan lemak mengatasi penguraian ikatan lemak dalam darah dan mengontrol kandungan berlebih lemak dalam darah, yang dapat menyebabkan keadaan pembuluh darah tersumbat (atherosclerosis). Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa likopen memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida di dalam tubuh.

Beta-karoten Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition menunjukkan bahwa pria dengan tingkat beta-karoten yang tinggi dapat meminimalkan kemungkinan mereka mengembangkan sindrom metabolik. Sindrom metabolik adalah gangguan metabolisme di tubuh Anda yang ditandai oleh tekanan darah tinggi, kadar gula darah tinggi, kadar gula darah tinggi, dan lingkar pinggang.

Vitamin C. Sebuah penelitian dalam American Journal of Clinical Nutrition dari 100.000 peserta menemukan bahwa tingginya kadar vitamin C dalam plasma darah dapat mengurangi kemungkinan seseorang terkena penyakit jantung.

2. Kesehatan tulang
Likopen, selain efek positif pada kesehatan jantung, juga bermanfaat untuk kesehatan tulang. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Bone and Mineral Research telah menunjukkan bahwa kadar likopen yang tinggi dalam tomat dapat mengurangi kemungkinan seseorang mengalami patah tulang. Dapat disimpulkan bahwa salah satu manfaat dari tomat adalah mencegah perkembangan osteoporosis dalam tubuh seseorang.

3. Kesehatan mata
Kehadiran beta-karoten di dalam tomat, selain memberikan manfaat kesehatan dari tomat ke jantung, ternyata juga mampu menjaga kesehatan mata mereka. Ini karena beta-karoten diubah menjadi vitamin A selama pencernaan. Tomat, yang juga mengandung vitamin A, membuat tomat kaya vitamin A.

Manfaat tomat dikonfirmasi oleh sebuah studi oleh Linus Pauling Institute, yang menemukan bahwa makanan kaya vitamin A dapat meningkatkan produktivitas retina, terutama dalam pencahayaan yang buruk dan interpretasi warna, dan meningkatkan perkembangan mata.