Kelebihan dan kekurangan Windows 10

Windows 10 menjadi salah satu versi windows yang paling terbaru. Hanya saja mereka para pengguna dari windows masih merasa ragu untuk melakukan upgrade. Bahkan mereka lebih memilih bertahan dengan windows versi yang lama. Tentunya windows 10 ini memiliki berbagai kelebihan maupun kekurangan yang mampu membuat kita berpikir dua kali untuk menggunakan versi windows 10 ini.

Seiring dengan berkembangnya dunia teknologi saat ini kini versi windows telah hadir dengan berbagai macam kelebihannya. Meskipun demikian hadirnya windows 10 ini masih membuat banyak orang merasa ragu untuk mengupgrade windowsnya menjadi versi tersebut. Supaya anda tidak merasa penasaran lagi dengan kelebihan dan kekurangan windows 10.

Beragam kelebihan dari windows 10

Pastinya sebagai windows yang terbaru, windows yang satu ini memiliki banyak kelebihan dan juga kekurangan. Supaya anda tidak merasa penasaran lagi, inilah berbagai kelebihan yang telah dimiliki windows 10. Antara lain:

Memiliki fitur yang modern

Tentunya sebagai system operasi yang sudah modern,fitur yang dimiliki windows 10 ini ternyata selalu up to date bahkan selalu mengikuti trend masa kini. Kebanyakan fitur yang telah tersedia mengusung suatu konsep always sync yang mampu memudahkan anda untuk bisa di akses pada era cloud.

Mengalami peningkatan pada desktop experience

Ternyata windowa 10 ini juga mempunyai suatu desktop experience yang tergolong lebih bagus khususnya dalam hal produktivitasnya. Bukan hanya split screen yang fleksibel namun windows tersebut juga mempunyai virtual desktop yang bisa anda gunakan dalam emmbuka banyak aplikasi yang berada pada desktop virtual secara terpisah.

Tergolong lebih aman

Tentunya untuk windows 10 yang sudah di update ini tergolong begitu aktif apalagi dalam hal sector keamanannya. Pastinya akan banyak sekali fitur keamanan modern yang tidak ada pada windows sebelumnya. Kini anda bisa unlock windows 10 dengan menggunakan fingerprint yang ada pada smartphone Samsung.

Aktivasi tergolong lebih praktis

Bagi anda yang sudah melakukan upgrade pada windows anda dengan windows 10 dan sudah menghubungkannya dengan Microsoft account maka kedepannya ketika anda ingin melakukan penginsatalan ulang, anda hanya perlu melakukan aktivasi secara manual.

Di dukung dengan touchscreen maksimal

Semenjak era windows 8, Microsoft selalu berkembang dalam system operasinya. Tentunya windows 10 ini memiliki dukungan yang penuh seperti perangkat touchscreen terbaru, laptop, ataupun hybrid. Konon windows 10 ini memang sudah teroptimasi dengan touchscreen.

Memiliki fitur yang tidak ada pada windows versi lain

Tentunya windows 10 ini memiliki beragam fitur yang tidak tersedia dalam windows versi yang lainnya. Pantas saja jika saat ini banyak orang yang lebih suka dengan tampilan windows 10.

Berbagai macam kekurangan windows 10

Meskipun windows 10 ini memiliki banyak kelebihan yang telah disajikan dengan kenyamanan anda, ternyata ada beberapa kekurangan yang juga dimiliki oleh windows 10 ini. Maka dari itu, anda perlu mengetahui beragam kekurangan windows 10 sebelum anda berpikiran untuk mengupgrade windows anda. Kekurangan dari windows 10 yang perlu anda ketahui. Di antaranya:

Terlalu boros dalam pemakaian kuota internet

Tentunya terlalu seringnya melakukan update maka kuota internet pun tentunya akan semakin boros. Jika kita bandingkan dengan versi windows yang sebelumnya, ternyata windows 10 ini memang salah satu OS yang lebih boros kuotanya. Dalam waktu setahun anda bakalan 2 x melakukan update mayor. Dimana saat melakukan update, anda akan menghabiskan kuota internet sebesar 2,5 GB hingga 4 GB. Apalagi belum yang harus update bulanan dimana masing-masing updatean yang anda lakukan bervariasi sekali bahkan bisa menghabiskan puluhan bahkan ratusan MB kuota internet.

Begitu sering update

Dengan hadirnya windows 10 ini microsoft saat ini tidak lagi memandang windows sebagai sebuah software melainkan suatu layanan. Dalam jangka waktu satu tahun biasanya akan ada 2x update mayor dengan adanya perubahan yang besar. Meskipun sudah anda matikan secara manual, namun update nya ini akan selalu memaksa. Jadi bagi anda yang memutuskan untuk menggunakan windows 10 dengan fitur maupun dukungan yang penuh maka mau tidak mau tentu anda perlu terus update.

Terlalu banyak aplikasi windows store

Yang dimaksud banyak di sini tentu saja bukan masalah jumlahnya, namun hadirnya beragam aplikasi desktop yang sudah populer ke windows store. Bahkan sampai sekarang ini mayoritas aplikasi powerful masih saja berupa aplikasi yang klasik. Tentunya hal ini akan berubah seiring dengan berjalannya waktu.

Gonta-ganti experience

Microsoft memang sudah berusaha bakalan merilis update mayor sebanyak 2x dalam waktu satu tahun. Setiap kali update biasanya hadir fitur yang baru bahkan ada pula perubahan besar jika kita bandingkan dengan seri updatean sebelumnya. Dari segi tampilan experience juga semakin mengalami perubahan begitu pula pengaturannya juga ikut berubah. Apalagi setiap kali update selalu hadir fitur yang terbaru yang mungkin membuat anda masih merasa asing dengan fitur tersebut. Meskipun demikian, perubahan yang ada ini pastinya akan mengarah pada evolusi yang terbilang lebih baik. Hanya saja bagi anda yang belum terbiasa dengan upgrade an terbarunya membuat anda merasa kebingungan dan belum bisa menguasai perubahannya dengan cepat.

Tidak memiliki versi final

Memang berbeda dengan windows yang versi sebelumnya yang memiliki versi finaldan hanya update serta service pack saja. Nyatanya windows 10 ini sebagai layanan tidak akan pernah ada finalnya. Bakalan selalu ada fitur terbaru yang akan dirilis bahkan perubahan pun selalu ditanamkan apalagi polesan berada disana-sini. Bahkan Microsoft menyatakan bahwa tidak akan ada lagi versi windows setelah windows 10 ini.

Tentunya windows 10 ini memiliki banyak sekali kelebihan yang tentunya membedakannya dengan windows versi yang lainnya. Bahkan dari sekian banyak kelebihannya tersebut mampu membuat anda tertarik untuk upgrade windows 10 ini.

Pastinya setiap windows memiliki kelebihan maupun kekurangan tersendiri yang mampu membuat penggunanya merasa nyaman dengan beragam fitur yang telah tersedia. Meskipun banyak sekali versi windows yang telah hadir di tengah kita. Setiap orang tentunya memiliki versi tersendiri yang mampu membuat penggunanya merasa nyaman bahkan cepat paham dengan windows nya.

Namun berbeda halnya dengan windows 10 yang selalu ada updatean dalam jangka waktu tertentu. Sehingga bagi anda yang belum terlalu paham dengan versi windowa 10 ini bakalan merasa kebingungan saat pengoperasiannya. Apalagi dari segi fiturnya banyak sekali tambahan fitur terbaru yang telah dihadirkan sehingga anda perlu belajar lagi mengenai fitur yang telah tersedia. Jadi sebelum anda memutuskan untuk melakukan upgrade windows anda menjadi windows 10, alangkah baiknya anda pertimbangkan terlebih dahulu keputusan anda ini.

Jangan sampai anda menyesal dan ingin mengubahnya menjadi versi sebelumnya yang lebih memudahkan anda.