Cara mengatasi laptop lemot supaya lebih cepat

Bagi anda para pengguna laptop tentunya pernah merasakan betapa lemotnya laptop anda. Bahkan anda sering merasa jengkel karena kinerja laptop semakin lambat. Jika sudah begini, kita pun merasa terganggu dengan kenyamanan kinerja kita. Pastinya ada banyak hal yang mampu membuat kinerja laptop anda semakin lemot. Mulai dari masalah hardware atau bahkan softwarenya sekalipun.

Pastinya anda pun semakin penasaran dan ingin membuat laptop anda menjadi lebih cepat kinerjanya. Hanya saja banyak diantara anda yang belum mengerti mengenai langkah caranya. Sebenarya ada banyak cara mengatasi laptop lemot yang bisa anda coba. Setidaknyaanda bisa mencoba berbagai cara berikut ini:

Lakukan uninstall program yang tidak anda butuhkan

Biasanya semakin banyak program yang sudah anda install pada laptop anda, bisa membuat kinerjanya semakin melambat saja. Hal ini dikarenakan berbagai program mampu menghabiskan resource memory yang ada pada laptop sehingga pengalokasian memory pun kurang maksimal. Maka dari itu anda perlu uninstall program yang dirasa sudah tidak anda butuhkan.

Memeriksa kapasitas dari hard disk

Jika kapasitas hard disk anda penuh apalagi drive tempat anda menginstall sistem operasiya, tentu saja bisa membuat kinerja laptop semakin melambat saja. Ada baiknya anda masih menyisakan ruang kosongnya. Bahkan jika dirasa hars disk anda sudah lama dan rpm nya semakin menurun, maka anda perlu meng upgrade kembali hard disk nya supaya lebih maksimal lagi.

Membersihkan junk file

Memang ada banyak program tambahan yang bisa membantu anda mengatasi hal tersebut. Seperti halnya Ccleanser yang bisa anda manfaatkan untuk membersihkan banyak file yang dirasa tidak perlu.

Menambahkan RAM

Biasanya RAM yang terlalu kecil bisa berpengaruh pada kinerja laptop. Hal ini dikarenakan jika RAM nya begitu kecil maka kinerja pun tidak mampu melakukan suatu perintah yang diberikan dengan cepat sehingga proses akan semakin menupuk. Sebaiknya anda meng upgrade kembali RAM yang dirasa begitu kecil ini.

Membersihkan bagian dalam dari laptop

Jika debu semakin banyak menumpuk pada bagian dalam laptop anda, tentu saja bisa berpengaruh pada kinerja laptop yang anda miliki. Hal ini di karenakan banyaknya debu yang ada, bisa membuat sirkulasi dalam laptop semakin buruk sehingga panas yang telah dihasilkan oleh laptop tak mampu dialirkan keluar. Ada beberapa bagian yang perlu anda bersihkan, seperti halnya fan dan juga tempat sirkulasi udaranya.

Itulah tadi berbagai langkah cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi laptop yang begitu lemot. Jangan sampai laptop lemot anda biarkan begitu saja, secepat mungkin carilah cara untuk bisa mengatasi masalah tersebut. Dengan begitu kinerja laptop semakin lancar dan pekerjaan anda pun bisa selesai dengan maksimal.