Cara Membuat Jaringan Komputer Sendiri dengan Mudah

Menurut Kristanto, Jaringan komputer merupakan sekelompok komputer otonom yang saling berhubungan satu sama lain, dengan menggunakan satu protocol kompunikasi sehingga selruh komputer yang saling terhubung tersebut dapat berbagi informasi, program, sumber daya dan juga dapat saling menggunakan perangkat keras lainnya secara bersamaan, seperti printer, harddisk dan lain sebagainya.

Jaringan Komputer memiliki beberapa manfaat, diantaranya kita bisa mengakses data komputer lain yang sudah terhubung dengan komputer kita, kita juga dapat mengirimkan data dengan cepat dan akurat. Jika di rumah anda memiliki beberapa komputer dan ingin membuat jaringan komputer sendiri, berikut ini kami informasikan cara membuat jaringan komputer sendiri dengan mudah.

Cara membuat jaringan komputer

Jika dalam suatu rumah ada beberapa komputer dan anda ingin menghubungkan komputer tersebut untuk mempermudah kegiatan anda, caranya cukup mudah. Anda bisa menghubungkan komputer tersebut dengan menggunakan LAN (Local Area Network). Untuk membuat LAN yang sederhana, kita memerlukan kabel UTP (Unshielded twisted pair), yaitu kabel standar untuk membuat jaringan LAN.

  1. Jika komputer hanya dua buah

Jika di rumah anda hanya terdapat dua komputer dan anda ingin menghubungkannya, caranya sangat mudah. And hanya harus menghubungkan komputer tersebut dengan menggunakan kabel UTP yang panjangnya disesuaikan dengan jarak komputer. Masing-masing ujung kabel telah dilengkapi dengan konektor RJ-45 dengan konfigurasi cross (silang). Jika masing-masing komputer sudah dipasang kabel UTP dengan benar, maka komputer anda akan terhubung dan anda berhasil membuat jaringan komputer sederhana.

  1. Jika komputer lebih dari dua

Jika komputer yang akan dihubungkan lebih dari dua, anda membutuhkan sebuah alat. Alat yang digunakan bernama switch atau hub. Selebihnya, caranya hampir sama dengan sebelumnya. Hubungkan komputer anda dengan menggunakan kabel UTP ke switch. Kabel UTP tersebut sudah menggunakan konektor RJ-45 dengan konfigurasi straight (lurus). Harga sebuah switch untuk di rumah sekarang sudah cukup terjangkau.

Untuk kabel UTP, anda bisa membuat sendiri dengan konektornya. Namun akan lebih mudah jika anda membelinya di toko untuk meminimalisir kesalahan. Jika anda membeli ke toko alat komputer, anda bisa meminta langsung dipasangkan konektor dengan konfigurasi cross untuk dua komputer, dan straight untuk lebih dari dua komputer. Setiap komputer harus memiliki alamat IP agar bisa berkomunikasi. Untuk memastikan bahwa anda berhasil membuat jaringan komputer sederhana, anda bisa melakukan ‘ping’ dari satu komputer dengan menggunakan perintah CMD. Jika command protocol sudah terbuka, maka masukan perintah dengan mengetik “ping (alamat IP komputer) lalu tekan enter. Jika pemasangan jaringan komputer berhasil, maka aka nada balasan dari komputer yang lainnya. mudah bukan? Selamat mencoba.