10 Tempat Wisata Alam di Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi

Jawa Timur, provinsi terbesar di pulau Jawa, memiliki banyak sumber daya alam yang menarik. Oleh karena itu, tidak jarang, ketika Jawa Timur sering digunakan sebagai sumber daya untuk Yogyakarta. Di provinsi ini ada banyak objek wisata alam dan buatan yang tidak boleh Anda lewatkan.

Salah satu kota yang menjadi tujuan banyak turis di Jawa Timur adalah Malang. Di kota ini ada atraksi dari Jatim Park Group, Museum Transportasi, BNS dan banyak lagi. Selain Malang dan East Java Park Group, ada atraksi lain di Jawa Timur yang tidak boleh Anda lewatkan. Berikut ini 10 situs alam di Jawa Timur yang harus Anda kunjungi.

1. Gunung Bromo, Malang
Ya, salah satu objek wisata alam di Jawa Timur yang harus Anda kunjungi adalah Gunung Bromo. Anda merasa tidak lengkap sebagai traveler jika Anda tidak mengunjungi Gunung Bromo.

Keindahan Gunung Bromo tidak hanya terkenal di kalangan turis lokal, tetapi juga di kalangan wisatawan asing. Secara geografis, Gunung Bromo terletak di empat kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Malang dan Lumajang. Untuk sampai ke Gunung Bromo, Anda bisa mengambil rute dari Malang, Pasuruan atau Probolinggo. Nikmati matahari terbit, jelajahi pasir berbisik dan nikmati keindahan Kawah Bromo adalah tiga hal yang harus Anda lakukan di sini.

2. Pantai Papuma, Jember
Pantai Papuma terletak di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember. Pantai Papua juga dikenal sebagai pantai Tanjung Papuma karena posisinya berdiri di daratan di laut, yang menyerupai tanjung.

Papuma Beach memiliki pemandangan yang sangat bagus. Kombinasi pasir putih dan terumbu karang membentang di pantai. Fitur Pantai Papuma adalah tujuh karang besar di pantai. Ukuran karang ini membuat mereka terlihat seperti sebuah pulau.

3. Kawah Ijen, Bondowoso
Kawah Ijen terletak di Cagar Alam Taman Ijen, di Distrik Licin, Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso. wisata alam di Jawa Timur adalah kawah asam terbesar di dunia dengan dinding kaldera yang tinggi mencapai 500 kaki dan mencapai kawah 5466 acres. Kawah Ijen pernah menjadi tempat salah satu film layar lebar Indonesia.

Keindahan Ijen Crater juga dikenal di negara lain. Di pagi hari, pemandangan di sini luar biasa. Campuran matahari oranye dan warna Kawah hijau Toska Nan Shade. Saat fajar, Anda dapat menikmati fenomena api biru yang menakjubkan. Namun untuk menikmati keindahan kawah ini, Anda harus terlebih dahulu melakukan pendakian ke Gunung Ijen, jadi jangan lupa siapkan perlawanan Anda.

4. Pantai Pulau Merah, Banyuwangi
Pantai Pulau Merah terletak di desa S’mandagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Red Island Beach adalah pantai dengan fitur seperti kebanyakan pantai di Brasil. Pantai ini juga sebanding dengan pantai Kuta di Bali, sehingga cocok untuk tempat berselancar.

Selain pemandangan matahari terbenam yang memukau, Red Island Island Beach juga merupakan tujuan selancar utama di pulau Jawa. Kondisi gelombang di sini, yang mencapai empat hingga lima meter, sangat cocok untuk peselancar dari semua tingkatan. Sambil berselancar di ombak, Anda dapat menikmati pemandangan pegunungan hijau dan angin dingin yang indah.

5. Air Terjun Madangkaripura, Probolinggo
Air terjun Madangkaripura terletak di kabupaten Probolinggo dan masih di taman nasional Bromo – Tengger – Semeru. Jadi, jika Anda ingin mengunjungi Gunung Bromo, Anda harus melihat keindahan air terjun ini.

Air terjun Madangkaripura adalah air terjun tertinggi di pulau Jawa dan merupakan air terjun tertinggi kedua setelah air terjun Sigura-Gura. Air terjun ini dikeliligi tembok sangat tinggi (200 meter) dengan lumut hijau, yang membuatnya lebih indah. Ada sebuah gua di sekitar air terjun. Ia mengatakan. Gua ini adalah gua yang menjadi tempat meditasi Patih Gajahmada.

6. Taman Nasional Baluran, Situbondo
Taman Nasional Baluran terletak di daerah Banyuputih, Situbondo dan Wongsorejo, sebelah utara Banyuwangi. Taman Nasional Baluran adalah savana terbesar di pulau Jawa dengan beberapa spesies hewan dan tumbuhan. Jika Anda mengunjungi tempat ini, Anda berada di Afrika. Oleh karena itu, taman nasional ini sering disebut sebagai Afrikanya Indonesia.

Di tempat-tempat wisata alam Jawa Timur, Anda akan dihadiahi pemandangan kawanan hewan yang hidup di Afrika, dan lanskap sekitar 444 spesies tanaman asli adalah khas.

7. Pulau Sempu, Malang
Pulau Sempu adalah pulau kecil di tempat dengan Pantai Sendang Biru, tepat di Desa Tambakrejo, Kabupaten Malang. Pulau Sempu adalah cagar alam dengan berbagai ekosistem seperti hutan pantai, hutan bakau dan hutan tropis dataran rendah. Apa yang membuat Pulau Sempu istimewa adalah Laguna Segara Anakan, yang terletak di pulau itu.

Untuk sampai ke Segara Anakan, Anda harus berjalan kaki selama dua jam melalui hutan dan jalan curam. Karena air di sini sangat tenang, Anda bisa berenang atau berkemah bersama teman-teman. Namun, karena Pulau Sempu termasuk cagar alam, maka tidak boleh mencemari lingkungan itu melalui polusi atau kerusakan ekosistem.

8. Ranu Kumbolo, Malang
Ranu Kumbolo terletak di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, tepat di antara kabupaten Malang dan Lumajang. Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan Ranu Kumbolo, Anda harus mempersiapkan diri untuk kondisi fisik yang matang. Setidaknya, Anda harus joging dan latihan ringan seminggu sebelum keberangkatan, karena Anda harus berjalan 4 hingga 5 jam untuk sampai ke danau ini.

Anda tidak perlu khawatir, karena dalam perjalanan menuju Ranu Kumbolo Anda akan dimanjakan dengan pemandangan bebatuan terjal, bukit-bukit yang tertutup pinus dan awan tebal asap dari Pegunungan Semeru. Ah, ya, di danau ini dilarang untuk berenang, berenang atau buang air karena airnya sangat jernih dan Anda bisa minum langsung.

9. Klayar Beach, Pacitan
Pantai Klayar berada di Donorojo. Objek wisata alam di Jawa Timur cukup alami, sehingga jalan menuju pantai cukup sulit. Pantai Klayar adalah salah satu tempat wisata utama di Pacitan. Keistimewaan Klayar Pantai di sebelah pasir putih seperti susu, ada bebatuan yang menyerupai bentuk spinx dan sumur alami dengan ketinggian 10 meter. Terumbu karang di Klayar Beach sering disamakan dengan terumbu karang di Tanah Lot di Bali.

10. Songa Rafting, Probolinggo
Bagi Anda yang memicu aktivitas adrenalin, mengunjungi Songa Rafting adalah pilihan yang tepat. Songa Rafting terletak di Jalan Krajan Condong, Wangkal, Gending, Probolinggo.

Sungai yang digunakan untuk arung jeram adalah Pekalen. Ada dua paket wisata arung jeram yang dapat Anda pilih, Songa Atas dan Songa Bawah. Setelah perjalanan dari Upper Songa, selama 2 jam nikmati keindahan hutan hujan, dengan udara segar dan beberapa fenomena alam seperti air terjun dan gua kelelawar. Selama tur Tur Songa, Anda dapat berjalan melalui 34 jeram dengan level yang berbeda selama 2 jam.